Cuci Muka Saja Tak Cukup, Inilah Cara Merawat Kulit Berminyak.b erl cosmetic
Kulit lengket, mengilap, dan mudah berjerawat kerap dialami oleh pemilik kulit berminyak. Namun, mencuci muka saja tidak cukup untuk mengatasi keluhan yang muncul. Diperlukan perawatan yang tepat dan rutin agar kulit tetap bersih dan terjaga kesehatannya.   
Ada beberapa penyebab utama seseorang memiliki kulit berminyak, mulai dari faktor genetik dan perubahan hormon. Namun, stres dan pola hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan konsumsi minuman beralkohol, juga dapat memicu produksi minyak berlebih dalam tubuh.
Cara Merawat Kulit Berminyak yang Tepat
Perawatan terhadap kondisi kulit berminyak tidak dapat disamakan dengan jenis kulit lainnya. Diperlukan penggunaan produk dan cara yang tepat agar kesehatan kulit tetap terjaga. Berikut ini adalah beberapa cara merawat kulit berminyak yang dapat Anda lakukan:
1. Cuci muka secara teratur
Cara paling efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan mencuci muka dua kali sehari, pada pagi dan malam hari. Gunakan sabun cuci muka yang bersifat nonkomedogenik dan berbahan lembut agar tidak menyebabkan iritasi dan alergi.
Selain itu, pilihlah produk sabun cuci muka yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, asam betahidroksi, atau benzoil peroksida untuk mengatasi kulit berminyak.
2. Oleskan pelembap setelah cuci muka
Kulit berminyak tetap membutuhkan pelembap wajah agar tetap terhidrasi dan  terhindar dari tanda-tanda penuaan. Pilihlah pelembap berlabel oil free untuk mencegah pori-pori tersumbat yang dapat memicu munculnya jerawat.
Selain itu, Anda juga dapat memilih pelembap berbahan dasar air, sehingga tidak meninggalkan residu dan kilap pada wajah.
Jika ingin menggunakan face oil, pilihlah jenis minyak yang tidak menyumbat pori-pori dan gunakanlah sesekali saja.
3. Gunakan kertas miny